Mengenal Investasi Reksadana Online Solusi Menuju Merdeka Secara Finansial

Ilustrasi Reksadana Online (Pixabay)


Investasi - Merdeka secara finansial  merupakan dambaan setiap orang, hal ini sangat erat berkaitan dengan keuangan. Tidak harus kaya raya untuk merdeka secara keuangan, perencanaan keuangan yang matang adalah makna sesungguhnya. salah satu solusi untuk Merdeka secara finansial adalah melakukan investasi. Mulailah belajar berinvestasi sejak dini, pahami teorinya, dan awali investasi Anda dengan investasi berisiko rendah. salah satunya adalah Reksadana Online.

Investasi merupakan salah satu solusi Anda menuju Individu yang Mandiri Secara Finansial, melek secara finansial harus dilakukan sedari dini. Pelajari investasi untuk pemula kemudian mulailah terapkan dalam kehidupan Anda.

Saat ini dengan kemudahan yang diberikan oleh perkembangan teknologi, Investasi bukan lagi kegiatan mahal yang hanya dilakukan oleh individu yang telah mapan.  Kaum milenial bahkan pelajar sekalipun sudah dapat melakukan investasi.

Mengenal Reksadana Online, Investasi Berisiko Rendah dan Terjangkau

Reksadana merupakan tempat untuk menghimpun dana melalui pihak lain yang akan diwujudkan ke dalam surat berharga, bisa berwujud saham, obligasi maupun sekuritas lainnya.

Reksadana mulai dikenal di Indonesia pada Tahun 1995, dan segera berkembang pesat Tahun 1996. Saat itu reksadana diharapkan memudahkan masyarakat luas dalam berinvestasi di pasar modal.

Perkembangan Reksadana yang sangat pesat Indonesia terlihat dicatatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sepanjang tahun 2018 nilai dana yang dikelola industri reksadana meningkat 50,31 triliun atau 11,01 persen year on year (YoY), dari posisi Desember 2017 sebesar Rp456,96 triliun, menjadi Rp507,26 triliun pada Desember 2018.

Hal ini bukan tanpa alasan, karakteristik Reksadana sangat cocok bagi para investor yang memiliki banyak keterbatasan, seperti waktu terbatas, dana terbatas, informasi terbatas, dan pengetahuan investasi yang terbatas.

Reksadana merupakan pilihan yang dapat Anda pilih, memiliki risiko paling kecil dan merupakan salah satu investasi yang paling mudah dilakukan. Dana yang dibutuhkan untuk investasi ini tergolong rendah dan terjangkau  masyarakat dengan  besaran yang diinvestasikan antara Rp, 10.000-500.000.

Perkembangan reksadana semakin  pesat dan mudah dilakukan dengan munculnya reksadana online. Dapat diakses melalui smartphone dan dengan investasi awal yang terjangkau menjadikan reksadana online sangat digandrungi.

Berbagai aplikasi online reksadana di Google Play dan iOS yang kredibel dan terpercaya  dewasa ini memudahkan Anda untuk berinvestasi, memulai langkah awal menuju Merdeka Secara Finansial.

Berbagai kemudahan reksadana online yang dapat Anda pertimbangkan, berikut 5 Kemudahannya dilansir dari laman seputarforex.com :

1. Interaksi Serba Online Cepat dan Mudah


Teknologi internet  semakin memudahkan kita untuk mengakses segala hal. Tanpa perlu antri di bank, mengisi berkas-berkas dan membeli materai semacamnya, beli reksadana online dapat Anda lakukan melalui Smartphone.

Untuk verifikasi, data yang diperlukan hanyalah nomor KTP, nama, dan nomor rekening. Beberapa platform jual beli reksadana online juga meminta Anda untuk mengunggah swafoto memegang KTP sebagai syarat tambahan, hal ini tentu lebih praktis dibandingkan cetak foto dan mengirimkannya melalui pos.

2. Manajer Investasi Memudahkan Anda Daripada Trading Sendiri


Trading Saham sendiri  memang menjanjikan keuntungan yang besar, sejalan dengan risiko yang ada di investasi saham.

Namun, dibutuhkan waktu untuk mempelajari serta ilmu yang mumpuni untuk terhindar dari risikonya.

Melalui Manajer Investasi (MI) di reksadana online, Anda akan mendapatkan kemudahan untuk mengelola dana Anda. sebagai langkah awal pilihlah Manajer Investasi yang kredibel dan berforma baik serta diawasi oleh Otorita Jasa Keuangan (OJK).

3. Portofolio Yang Jelas 


Bagaimana cara memilih MI dengan performa baik? Tidak perlu bingung. Plaftorm jual beli reksadana online yang bagus tentu menyediakan profil lengkap dari MI mereka. Mulai dari kejelasan entitas, tahun berdiri, hingga performa dalam kurun waktu tertentu. Perlu diingat bahwa performa di masa lalu tidak menjamin performa di masa depan.

4. Informasi Mudah Didapat 


Jika sudah mendaftarkan diri, Anda akan mendapatkan berbagai informasi mengenai reksadana langsung di inbox email. Selain perkembangan investasi, beberapa platform jual beli reksadana online juga sering menawarkan promosi serta update berita perekonomian yang perlu diketahui investor.

5. Likuiditas yang Tinggi Berbeda dengan investasi properti yang sulit dicairkan (mencari pembeli dengan harga yang cocok, proses administrasi dengan instansi terkait, dan sebagainya), investasi pada reksadana lebih mudah ditarik jika terjadi kebutuhan mendesak.

Beberapa platform jual beli reksadana menuliskan transaksi jual beli memakan waktu 2 hari kerja, karena perlu melakukan perhitungan NAB (Nilai Aktiva Bersih) lebih dulu.

Namun, ada juga penyedia layanan jual beli reksadana online yang memproses pencairan dalam hitungan jam.

Tertarik untuk mulai investasi di reksadana Online?


Perlu diketahui, mayoritas reksadana online bisa dibeli dengan modal Rp10.000 saja. Jadi dengan modal yang sangat minimal, investor bisa menikmati keuntungan maksimal.

Keuntungan lainnya adalah mayoritas reksadana online juga tidak mengenakan biaya (fee) pada saat pembelian atau penjualan. Sehingga, hasil yang diterima investor bisa maksimal.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka. (*)





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel